Rabu, 30 September 2015

Asal Usul Buah Strawberry

Asal Usul Buah Strawberry
Asal Usul Buah Strawberry- Wilhelm dan Sagen (1974) menerangkan pada bukunya bahwa, strawberry merupakan jenis tanaman berbunga dalam keluarga mawar Rosaceaea. Tanaman berwarna merah dan buahnya dapat dikonsumsi, serta dikembang biakkan dengan baik di daerah Amerika Utara.
Dalam bahasa latin buah ini disebut Fragra yang berarti wangi. Charles Linneans lah orang pertama yang memberikan nama spesies Fragaria untuk buah ini.
Di Perancis, Italia, dan Spanyol buah ini disebut Fraise yang juga memiliki makna yang sama yaitu wangi, Sementara di Amerika Utara disebut buah Wuttahimheash atau berry hati.

Strawberry pertama kali digambarkan dalam literatur sekitar 1000 AD. Dan gambar pertama dari tanaman strawberry dicetak pada tahun 1484. Penyebutan pertama strawberry terjadi antara 234-149 SM dalam tulisan-tulisan Cato, Senator Romawi. Strawberry tumbuh liar di Italia sejak 234 SM dan ditemukan di Virginia oleh orang Eropa pertama ketika kapal mereka mendarat di sana pada 1588. Pada zaman Yunani kuno buah ini diangkat sebagai lambang dewi cinta.


Strawberry mulai dijual bebas di pasar London sekitar tahun 1831. Strawberry kebanyakan dipanen dari ladang terdekat atau hutan, dan bukan dari area produksi komersil. Di Inggris dan daratan Eropa konsumsi strawberry menjadi lebih populer. Mulai dari kalangan rakyat biasa hingga aristokrat memiliki lahan kecil di rumah mereka untuk menanam tumbuhan ini. Sementara Perancis menjadi yang terdepan dalam produksi Strawberry. Setelah 1860 Strawberry banyak ditanam dan dibudidayakan di California, dan sejak tahun 1900 strawberry mulai ditanam diberbagai negara. Hari ini lebih dari 25.000 hektar strawberry ditanam di Amerika Utara,dan 80 % di Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar