Senin, 07 September 2015

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan- Strawberry liar telah populer sejak zaman Romawi kuno dan digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, seperti mengurangi peradangan, demam, batu ginjal, bau mulut, asam urat dan banyak lagi. Maraknya pengobatan medissecara sintetits membuat banyak yang belum tau bahwa ternyata Strawberry menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan kita. Berikut ini beberapa khasiat strawberty bagi kesehatan, dalam berbagai penelitian:

1. Mencegah Hipertensi

Tidak hanya manfaat pisang yang mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi, tapi strawberry juga sangat  isarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, dengan meniadakan efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah sama halnya dengan mengembangkan faktor risiko tekanan darah tinggi. Menurut Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional, kurang dari 2% orang dewasa di AS memenuhi rekomendasi kaliaum harian sebanyak  4700 mg.


2. Alergi dan Asma

Mengkonsumsi strawberry akan memberikan efek anti inflamasi dari quercetin. Strawberry dapat membantu meringankan gejala alergi termasuk hidung meler, mata berair dan gatal-gatal, meskipun belum ada penelitian pada manusia dilakukan untuk membuktikan theory tersebut. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kasus asma terjadi lebih rendah dengan asupan tinggi nutrisi tertentu, seperti vitamin C.

3. Mengatur Gula Darah

Strawberry memiliki indeks glikemik yang rendah indeks glikemik dan tinggi serat, yang membantu mengatur gula darah agar tetap stabil untuk menghindari peningkatan atau penurunan kadar gula yang ekstrim. Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa makan sekitar 37 stroberi dalam sehari, secara signifikan dapat mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa fisetin, flavonoid mendukung kelangsungan hidup neuron tumbuh, bersamaan dengan pencegahan komplikasi kedua ginjal.

3. Melancarkan Pencernaan

Makan makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi dan diperkaya serat seperti yang ditemui pada manfaat anggur, manfaat semangka dan manfaat melon ini, dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan zat sisa makanan menjadi lebih mudah. Serat ini yang sangat penting untuk meminimalkan masalah sembelit dan melancarkan biang air besar.

4. Mengatasi Stroke

Antioksidan quercetin, kaempferol, dan antosianin semuanya telah terbukti mengurangi pembekuan darah yang berbahaya terkait dengan stroke. Kalium yang juga telah banyak dikaitkan dengan penurunan risiko stroke.

5. Pencegahan Kanker

Seperti disebutkan di atas, strawberry mengandung antioksidan kuat yang bekerja melawan radikal bebas, menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Meskipun Strawberry mengandung berbagai manfaat, namun ada hal yang perlu kita perhatikan mengenai buah cantik ini. Simak di bawah ini, ya!


Risiko Kesehatan Buah Strawberry


Buah Strawberry
“Environmental Working Group” merekomendasikan daftar buah-buahan dan sayuran setiap tahun yang mengandung tingkat residu pestisida tertinggi, yang dikenal sebagai Dirty Dozen. Strawberry termasuk ke dalam salah satu daftar bahan makanan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa, membeli buah versi organik akan lebih baik, untuk memastikan resiko pestisida yang lebih rendah.

Beta blocker merupakan jenis obat yang paling sering diresepkan untuk penderita penyakit jantung, yang berfungsi meningkatkan kadar kalium dalam darah. Namun Makanan yang tinggi kalium harus dikonsumsi dalam jumlah sedang saat mengkonsumsi obat beta blocker.

Dan harus kita perhatikan, bahwa mengkonsumsi jenis makanan yang terlalu banyak mengandung  kalium, dapat berbahaya bagi orang yang mengalami gangguan fungsi ginjal. Bila ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dalam darah, hal ini bisa berakibat fatal.

Semoga kita bisa lebih proporsional dalam mengkonsumsi Strawberry ini ya, sesuai dengan kebutuhan tubuh kita masing-masing. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar